Senin, 24 November 2014

Cerita Ibu Ani Yang Susah Mencari Pakaian Untuk Hadiri Hari Batik

Ani Yudhoyono mengaku tak hafal jenis dan corak batik Indonesia. Ani pun bertaruh Yayasan Batik Indonesia juga tidak hafal.

"Jenis dan corak batik di Indonesia terbanyak di dunia. Sampai-sampai kita sendiri susah menghitungnya," ujar Ani di Peringatan Hari Batik Nasional, Jakarta, Kamis (2/10), seperti dikutip merdeka.com

Ani kemudian meminta hadirin yang datang untuk menebak jenis dan corak batiknya. Namun, para hadirin termasuk para pendiri Yayasan Batik Indonesia, tidak bisa menebaknya.

"Anda tahu yang saya pake ini batik apa? Yang saya pakai ini Sidomulyo, artinya, berharap si pemakainya mendapat kemuliaan. Insya Allah," ujar Ani.

Ani bercerita, sebelum memakai kain batik sidomulyo, dirinya sempat kebingungan memadu padankan seragam yang diberikan panitia berwarna hijau muda. Ani mengaku semua pakaiannya sudah diboyong ke Cikeas.

"Saya bingung kenapa tidak ada yang padan dengan baju ini. Karena terus terang barang-barang saya sudah diboyong ke Cikeas," ujar Ani.

Lalu, malam itu juga, Ani minta dicarikan kepada ajudannya batik yang cocok dengan warna baju seragamnya hijau muda. Dan akhirnya, ditemukanlah jarit motif batik Sidomulyo.

Pada peringatan Hari Batik Nasional 2014 mengambil tema 'Sogan, Seni Batik Klasik'. Batik sogan merupakan jenis batik di Indonesia yang bernuansa klasik. Warna dominannya variasi dari warna cokelat.

Acara ini dihadiri oleh Ibu Tuti Tri Sutrisno, Menteri Perindustrian MS Hidayat, dan Mantan Menteri Perindustrian Rahadi Ramelan.

Pendiri Yayasan Batik Indonesia Dipo Alam dan Ketuanya Jultin Ginanjar Kartasasmita dan suaminya. Turut dihadiri pula para istri Menteri Kabinet Indonesia Bersatu dan para pengusaha batik Indonesia.

Tidak ada komentar:

Speak Your Mind

Powered By Blogger · Designed By Blogger Templates