Jumat, 28 November 2014

Galeri Batik di Museum Tekstil Jakarta

Galeri Batik yang diresmikan pada tanggal 2 Oktober 2010 merupakan langkah awal dalam mewujudkan keinginan untuk memiliki Museum Batik di Jakarta, sebagai pintu gerbang Indonesia.

Galeri Batik, yang menempati gedung tekstil kontemporer - Museum Tekstil Jakarta ini merupakan embrio dari Museum Batik, yang sudah menjadi rencana dan program Yayasan Batik Indonesia - YBI, sejak berdirinya pada tahun 1994.

Dikutip dari Batik Indonesia, dengan telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia, dan ditetapkannya tanggal 2 Oktober sebagai hari batik nasional pada tahun 2009 yang lalu, desakan akan adanya Museum Batik di Jakarta sudah semakin besar. Maka atas pengertian dan perhatian Pemda DKI, dalam hal ini Dinas PAriwisata dan kebudayaan serta UPT Museum Tekstil Jakarta, telah disepakati kerjasama dengan YBI untuk memanfaatkan gedung Galeri Tekstil Kontemporer - Museum Tekstil Jakarta menjadi Galeri Batik.

Galeri Batik menempati sebuah gedung dengan luas 405 m2, yang terdiri dari 9 ruangan, dimana akan diperagakan batik - batik dari seluruh nusantara secara permanen. Batik yang merupakan hasil karya kreatif bangsa Indonesia, yang sudah turun berlangsung turun temurun.

Lahirnya Galeri Batik ini, tidak terlepas dari partisipasi para pecinta dan pemerhati batik. Koleksi Batik YBI yang akan menjadi modal utama museum ini berasal dari upaya pengumpulan oleh YBI, serta sumbangan dari pihak - pihak yang peduli akan keberadaan museum batik, antara lain Bapak Satoso Dullah, Paguyuban Sekar Jagad Yogyakarta, Ibu Haryanto Dhanutirto, Ibu Sintowati S. Wironagoro, Ibu Asmoro Damais, Ibu Satuti Yamin, dan para pengurus Yayasan Batik Indonesia. Dinamika perbatikan di tanah air diharapkan dapat terserap dan menjadi acuan Galeri Batik di kemudian hari. Oleh karenanya kami terus mengharapkan partisipasi pemerintah dan seluruh stakeholders perbatikan nasional, agar dikemudian hari cita - cita kita bersama, yaitu memiliki Museum Batik dapat terwujud dalam waktu yang tidak terlalu lama

Keberadaan Galeri Batik ini yang merupakan embrio Museum Batik diharapkan dapat memberikan kebanggan bagi masyarakat Indonesia, dan menjadi salah satu pusat informasi perbatikan, dan menjadi tujuan wisata budaya.

Tidak ada komentar:

Speak Your Mind

Powered By Blogger · Designed By Blogger Templates